oleh

Amankan Stok Obat COVID-19 Dalam Negeri, Produksi Dalam Negeri Molnupiravir direncanakan Segera

LAMBUSIMEDIA.COM, JAKARTA – Amankan Stok Obat COVID-19 Dalam Negeri, Produksi Dalam Negeri Molnupiravir direncanakan Segera

Pemerintah terus berupaya menjamin ketersediaan obat COVID-19 dalam negeri, terutama dalam menghadapi gelombang lanjutan virus COVID-19.

Sejalan dengan hal tersebut pemerintah menyiapkan obat anti virus baru antara lain molnupiravir dan paxlovid. Saat ini Kemenkes sudah mengamankan 400 ribu tablet molnupiravir yang sudah disiapkan oleh PT Amarox.

Pabrik Amarox yang berada di Cikarang ini mampu memproduksi obat Covid-19 Molnupiravir sebanyak 30.000 dosis per bulan. Anak perusahaan Hetero yang bergerak dibidang farmasi generik dari India ini, telah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) pada obat Covid-19 Molnupiravir

PT Amarox juga akan memproduksi sendiri molnupiravir yang rencananya akan dimulai April atau Mei 2022. Menkes Budi meminta PT Amarox juga bisa memproduksi paxlovid untuk menghadapi pandemi berikutnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia saat ini sedang dalam tahap masuk ke gelombang berikutnya varian Omicron. Diperlukan ketersediaan obat COVID-19 untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed