oleh

Berlaku Mulai 18 Mei 2022, Ini Rincian Aturan Lepas Masker dan Bebas Tes COVID-19

-News-144 Dilihat

LAMBUSIMEDIA.COM, Jakarta – Berlaku Mulai 18 Mei 2022, Ini Rincian Aturan Lepas Masker dan Bebas Tes COVID-19

Seperti diketahui, pada Selasa (17/5), pemerintah mengumumkan aturan terbaru terkait COVID-19. Hal tersebut berkaitan dengan penggunaan masker di Indonesia.

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa mulai Rabu (18/5) masyarakat sudah diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker di luar ruangan.

Tentunya masih dengan syarat lanjutan yakni hanya berlaku bagi mereka yang berada dalam kondisi sehat dan tidak ada dalam keramaian atau kepadatan.

“Menindaklanjuti arahan dari presiden dan melihat kondisi COVID-19 yang semakin terkendali, maka pemerintah akan melakukan pelonggaran tidak menggunakan masker untuk aktivitas di ruangan terbuka yang tidak padat orang,” ujar Wiku dalam konferensi pers Pelonggaran Kewajiban Pemakaian Masker dan Aturan Perjalanan Dalam dan Luar Negeri, Selasa (17/5/2022).

“Namun populasi rentan dan orang yang sedang dalam keadaan tidak fit tetap disarankan memakai masker untuk mencegah peluang tertular atau menularkan secara lebih baik,” tambahnya.

Selain itu, Wiku juga mengungkapkan bahwa pemerintah telah menghapus keharusan masyarakat untuk menunjukkan hasil tes COVID-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri.

Kelonggaran tersebut bisa berlaku apabila masyarakat telah melakukan vaksinasi COVID-19 secara lengkap.

“Nantinya elaborasi arahan presiden ini akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian COVID-19 yaitu terkait pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri, dan efektifnya berlaku mulai tanggal 18 Mei 2022,” kata Wiku.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed