oleh

Gebrakan Layanan Publik dari Sulawesi Selatan

LAMBUSIMEDIA.COM, MAKASSAR – Gebrakan Layanan Publik dari Sulawesi Selatan

Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan membuat gebrakan dalam sektor layanan publik, hal itu ditunjukan dengan hadirnya delapan inovasi dari kabupaten dan kota di Provinsi Sulsel yang masuk dalam tahap Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021. Delapan inovasi yang dibangun berasal dari berbagai macam kategori, seperti dalam bidang tata kelola pemerintah; pendidikan; pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja; kesehatan; pendidikan; pemberdayaan masyarakat; dan ketahanan pangan.

Presentasi hari ke-14 ini diawali oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman dengan membawa inovasi Gerai Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan (Gesit-19). Dijelaskan Gesit-19 merupakan inovasi penyelenggaraan pelayanan perizinan sektor Kelautan dan Perikanan dengan mekanisme gerai, yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai. Terobosan diperuntukkan mengatasi permasalahan yang dihadapi nelayan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menempatkan gerai pada kawasan pusat pelelangan ikan (PPI) Lappa Kabupaten Sinjai.

“Dalam waktu 19 menit izin selesai, penerbitannya lebih cepat, lebih mudah serta biaya operasional yang sangat minim. Dan manakala nelayan selaku pemohon memerlukan layanan diluar waktu kerja kantor, maka nelayan melakukan komunikasi awal melalui grup WhatsApp nelayan dan akan direspon oleh petugas layanan gerai dengan memberikan informasi awal kepada pemohon dan pemohon menyiapkan dokumen yang menjadi syarat untuk dilakukan penerbitan izin berdasarkan alur kerja perlayanan perizinan pada gerai perizinan,” ujarnya di hadapan Tim Panel Independen (TPI) secara virtual, Kamis (15/07).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed