oleh

Modal Kecil dan Untung Cepat Begini Cara Ternak Lele Menggunakan Terpal

LAMBUSIMEDIA.COM – Modal Kecil dan Untung Cepat Begini Cara Ternak Lele Menggunakan Terpal

Ternak lele menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Wajar saja, lele sudah menjadi santapan andalan warga Indonesia, lihat saja, di setiap meter pinggir jalan pasti ada saja warung pecel lele. Selain itu harga makanan dari lele juga murah, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan. 

Sementara dari sisi permodalan, terjun ke bisnis ternak ini gak butuh modal besar kok, bahkan gak lebih dari Rp 10 juta. Sedangkan keuntungan yang didapat sangat menggiurkan dan bisa balik modal hanya dalam satu kali panen. Lumayan kan, keuntungan ini bisa dipakai untuk beli barang yang kamu selalu inginkan, untuk ditabung, atau untuk beli asuransi biar keuangan kamu terproteksi.

Supaya lebih jelas, berikut ini cara dan estimasi biaya yang perlu kamu persiapkan untuk ternak lele. 

Keuntungan ternak lele 

Ini lho keuntungan saat kamu berbisnis dengan bikin peternakan lele

Jangan takut merugi ketika terjun ke bisnis beternak ikan lele. Karena meski kamu tergolong orang yang baru alias ternak lele pemula, bakal mendapatkan banyak keuntungan. Asalkan telah mengetahui bagaimana cara beternak yang baik dan benar. Kalau asal-asalan mah gak bakal dapat hasil yang diidam-idamkan. 

Berikut ini keuntungan yang bakal didapat dari beternak ikan lele. 

1. Pangsa pasarnya luas

Soal pelanggan, tenang saja, lele termasuk ikan yang paling laris bila dibandingkan dengan ikan lainnya. Salah satu pertimbangannya adalah lele mudah diolah dan harganya juga murah. Meski murah, gizi di dalam kandungan lele sangat baik buat tubuh. 

Kamu bisa menawarkannya ke pedagang-pedagang pecel lele di pinggir jalan, ke restoran, jual di pasar, atau membuka tempat penjualan sendiri. 

2. Daya tahan lele lebih kuat 

Gak kayak hewan-hewan ternak lainnya, lele tergolong yang paling kuat terhadap penyakit, karena tubuhnya selalu dilindungi oleh lendir. Jadi kamu bakal jarang melihat lele mati secara tiba-tiba di kolam. 

Selain itu lele juga bisa hidup di berbagai macam kondisi air, bahkan di air yang keruh sekalipun ia tetap bisa hidup dan tumbuh besar. Kebayang dong, risiko kerugian akibat kematian bakal minim banget di dalam dunia ternak lele. 

3. Perawatannya mudah 

Nah karena lele bisa hidup di mana saja, kamu jadi gak perlu repot-repot mikirin perawatannya. Mereka bisa hidup di kolam keruh yang terbuat dari terpal, semen, atau kolam tanah sekalipun, asalkan pemberian makannya jangan lupa. Meski bisa hidup di mana saja, lele kan butuh makanan untuk berkembang biak. 

4. Harga benihnya murah 

Untuk bisa beternak lele, tentu kamu harus membeli benihnya terlebih dulu. Keuntungannya daripada ternak hewan-hewan lainnya adalah harga benih lele terbilang murah. Sekitar Rp 1 juta untuk 1000 ekor, yang ukurannya relatif, mulai dari 5-7 cm.

Keuntungan ternak lele 1000 ekor bakal lebih menggiurkan ketimbang ternak ikan bawal, gurame, nila yang harga benihnya dan cara perawatannya lebih mahal. 

5. Masa panennya cepat 

Lele gak butuh waktu lama untuk siap dipanen. Biasanya benih, sampai menjadi ukuran besar dan pas untuk disantap itu sekitar 3 bulan saja! Cepat banget bukan! 

Nah kalau masa panennya cepat, maka perputaran uangmu juga bakalan cepat. Kalau mau lebih cepat lagi, kamu jangan menebar benih kembali usai panen, tapi tebar benih berikutnya sebelum lele panen. Dengan cara seperti itu, perputaran uangmu bisa setiap bulan sekali. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed