oleh

Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Singapura, Formasi 4-3-3, Ada Egy Maulana Vikri

-News, Sport-140 Dilihat

LAMBUSIMEDIA.COM, JAKARTA – Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Singapura, Formasi 4-3-3, Ada Egy Maulana Vikri

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Pertandingan akan berlangsung di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, Timnas Indonesia harus menang untuk bisa lolos ke babak final. Karena itu, Shin Tae-yong tidak akan main-main dalam memilih pemain.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu mendapat tambahan amunisi di leg kedua babak semifinal. Itu setelah bergabungnya winger FK Senica, Egy Maulana Vikri.

Egy kemungkinan akan diturunkan sebagai starter dan diplot sebagai gelandang serang dalam formasi 4-3-3. Sementara Witan Sulaeman dan Irfan Jaya tetap mengisi sektor sayap.

Berikut perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Nadeo Argawinata

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Nadeo Argawinata sudah menyegel satu tempat bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Kiper Bali United tersebut tak tergantikan sejak tampil melawan Vietnam.

Dari tiga kali penampilannya bersama Skuad Garuda, Nadeo melakukan total 5 penyelamatan, 2 tangkapan dan 2 tinjuan. Dan baru kebobolan 2 gol.

Bek Kiri: Pratama Arhan

Selebrasi Pratama Arhan bersama Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Sempat absen karena masalah cedera, Pratama Arhan semakin tak tergantikan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Bek PSIS Semarang itu selalu tampil penuh dalam 3 laga terakhir.

Performa Pratama Arhan juga cukup mengesankan sejauh ini. Pemain asal Blora Jawa Tengah itu, menjadi penyumbang assist terbanyak Timnas Indonesia di Piala AFF bersama Evan Dimas

Bek Tengah: Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga saat membela Timnas Indonesia melawan Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Alfeandra Dewangga bisa disebut sebagai anak emas Shin Tae-yong. Bek PSIS Semarang tersebut tak tergantikan di sektor bek tengah Timnas Indonesia hingga babak semifinal leg pertama.

Statistiknya di lini pertahanan menjadi salah satu alasan Dewangga selalu menjadi pilihan. 24 sapuan, 21 intersep, dan tiga block sudah dibukukan dalam 5 laga.

Bek Tengah: Elkan Baggott

Penampilan Elkan Baggott di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. (c) dok.PSSI

Setelah tiga kali bermain dari bangku cadangan, Shin Tae-yong tampaknya akan memainkan Elkan Baggott dari awal laga. Mengingat pertandingan leg kedua akan menentukan langkah Timnas Indonesia.

Elkan sejauh ini menunjukkan performa yang menjanjikan. Tampil selama 135 menit, bek Ipswich Town tersebut sudah mencatatkan 3 sapuan, 1 block dan 2 intersep, serta menyumbang 1 gol melalui sundulan.

Bek Kanan: Asnawi Mangkualam

Bek sayap dan kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dikepung dua pemain Vietnam di ajang Piala AFF 2020 (c) Dok. PSSI

Asnawi Mangkualam Bahar selalu menjadi starter Timnas Indonesia sejak fase grup hingga semifinal leg pertama. Karena itu, peluangnya untuk main sejak awal laga sangat terbuka.

Asnawi merupakan pemain yang bisa membantu serangan dan pertahanan sama baiknya. 6 umpan kunci, 1 assist dan 1 gol adalah pembuktian dia bisa menjadi ancaman bagi lawan.

Gelandang Bertahan: Rachmat Irianto

Jangkar Timnas Indonesia, Rachmat Iriyanto (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Satu lagi pemain yang selalu masuk dalam starting eleven adalah Rachmat Irianto. Meskipun pemain Persebaya Surabaya tersebut hanya satu kali bermain penuh.

Didapuk sebagai gelandang bertahan, Rian, sapaan akrabnya, mampu mencatatkan 9 tekel sukses. Dia juga melakukan 6 sapuan, 3 block dan 5 intersep dari total 322 menit.

Gelandang Serang: Ricky Kambuaya

Aksi Ricky Kambuaya pada matchday keempat Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Bishan Stadium, Rabu (15/12/2021) malam WIB. (c) AFF Suzuki Cup

Pemain yang belum tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia adalah Ricky Kambuaya. Pemain yang berstatus debutan itu justru yang menjadi andalan Shin Tae-yong.

Ricky Kambuaya merupakan gelandang pekerja keras dengan tenaga kuda. Dia bisa membantu tim membangun seranga maupun saat bertahan.

Gelandang Serang: Egy Maulana Vikri

Pemain FK Senica, Egy Maulana Vikri (c) Instagram FK Senica

Egy Maulana Vikri kemungkinan akan langsung diturunkan sebagai starter oleh Shin Tae-yong. Dia bakal diplot sebagai gelandang serang.

Egy memang bisa bermain di tiga posisi berbeda. Selain sayap kanan dan sayap kiri, dia bisa dipasang di belakang striker.

Sayap Kiri: Witan Sulaeman

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman berebut bola dengan pemain Malaysia, Mohd Rizal bin Mohd Ghazali di fase grup Piala AFF 2020, Minggu (19/12/21) malam WIB. (c) AFF Suzuki Cup

Mencetak satu gol ke gawang Singapura pada leg pertama, Witan Sulaeman berpotensi kembali menjadi pilihan utama. Sejak fase grup, dia hanya satu kali turun dari bangku cadangan.

Witan juga punya banyak kontribusi bagi Skuad Garuda. Dia mencetak total 2 gol, 2 assist dari 5 kali penampilannya.

Sayap Kanan: Irfan Jaya

Selebrasi Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Kehadiran Egy Maulana Vikri nampaknya belum akan menggeser posisi Irfan Jaya di sektor sayap kanan. Kinerja winger asal Bantaeng tersebut cukup memuaskan.

Tampil sebanyak 5 kali, Irfan Jaya melepaskan 5 umpan kunci dan 2 di antaranya menjadi assist. Dia juga mencetak 3 gol dan membuatnya menjadi pemain paling produktif di Timnas Indonesia.

Penyerang: Kushedya Yudo

imnas Indonesia – Ezra Walian dan Kushedya Yudo. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Kushedya Yudo layak untuk mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter. Mengingat kinerja 3 penyerang lain kurang memuaskan di leg pertama melawan Singapura.

Kelebihan Kushedya Yudo dari penyerang lain, dia punya catatan 4 dribel sukses dari 76 menit penampilannya. Dia bisa menjadi ancaman bagi Singapura. (*)

(*) Redaksi

sumber : bola.net

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed