oleh

Tanaman Hias yang Harganya Bakal Selangit di 2021

LAMBUSI, REDAKSI – Sejumlah hobi membuat orang mengeluarkan uang yang cukup banyak, termasuk hobi tanaman hias. Tak henti di 2020, terdapat sejumlah tanaman hias yang harganya bakal selangit di tahun 2021.

Contoh yang masih hangat dibicarakan adalah pertukaran rumah dengan tanaman hias. Bagi sejumlah pegiat dan pecinta tanaman hias, memiliki tanaman hias menimbulkan kebanggaan sendiri.

Di Tahun 2021 ada sejumlah tanaman hias yang diprediksi harganya bakal melejit. Mahalnya harga tanaman hias disebabkan karena kelangkaan, keunikan warna daun, pembiakan, dan lain sebagainya.

Berikut 10 tanaman hias yang harganya selangit pada 2021 ini.

1. Monstera Obliqua
Monstera Obliqua merupakan tanaman langka yang di habitat aslinya sendiri sudah jarang. Nah, sementara tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii merupakan varietes lokal yang banyak tumbuh dan ditemukan di Indonesia. Cara membedakan Janda Bolong dengan Monstera Obliqua adalah besar kecilnya bolong pada daun

Harga Monstera Obliqua diprediksi naik pada 2021 karena masih digemari dan dicari banyak orang khususnya kolektor. Namun, kini tanaman tersebut sudah banyak dijual eceran dengan hitungan per daun.

Di Indonesia tanaman ini kerap disalahartikan menjadi “Janda Bolong” (Monstera adansonii), salah satu tanaman yang populer di tahun 2020. 

Perbedaannya, Monstera adansonii memiliki lubang pada daun dengan ukuran lebih kecil dan merupakan jenis tumbuhan yang banyak dikembangbiakkan di Asia Tenggara, sementara Obliqua merupakan tanaman langka yang berasal dari Amerika Selatan atau Amerika Tengah.

Keunikan Obliqua terletak pada lubang yang tersusun rapi mengikuti ruas daun. Pada 2020 lalu harga satu pot Monstera Obliqua rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2. Monstera Variegata
Tanaman Janda Bolong / MonsteraMonstera variegata memiliki daya tarik di warna putih pada daun, termasuk tanaman hias yang harganya selangit (Foto: CNN Indonesia TV)

Jenis lain dari spesies Monstera ini termasuk yang cukup populer pada 2020. Berbeda dengan obliqua, pada variegata keunikan ada pada corak perpaduan warna putih dan hijau. Pola bolong variegata juga berbeda dengan obliqua serta ukuran daunnya yang lebih lebar.

Warna putih pada Variegata dihasilkan dari mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Semakin dominan warna putih pada daun semakin mahal harga tanaman variegata.

Tahun 2020, selembar daun variegata dengan warna putih yang dominan dijual dengan kisaran harga jutaan rupiah sedangkan untuk 1 pot rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

3. Aglaonema Golden Hope
Foto: Dok Pribadi
Aglaonema Golden Hope. Nama Golden Hope diberikan oleh Tan Jiew Hoei (John Tan), seorang kolektor tanaman hias Singapura yang merupakan teman Greg Hambali.

Tanaman yang diberi nama Golden Hope ini merupakan hasil persilangan aglaonema baru yang dilakukan oleh pembudidaya Greg Hambali. Aglaonema Golden Hope memiliki daun yang didominasi warna kuning, hijau, dan merah.

Jika dibandingkan dengan Aglaonema lainnya, Golden Hope mempunyai karakteristik yang membuatnya tampak berbeda, yakni ciri daun yang berurat.

Aglaonema Golden Hope ukuran kecil dengan 3 daun dibanderol sekitar Rp5 juta, dan mencapai Rp30 juta untuk ukuran tanaman yang lebih besar.

4. Anthurium Veitchii
Anthurium veitchii, raja anthurium, adalah spesies epifit tanaman berbunga dalam genus Anthurium yang berasal dari Kolombia. Ini ditanam di iklim yang lebih beriklim sebagai rumah kaca atau tanaman hias untuk daunnya yang besar dan terjumbai yang dapat mencapai beberapa meter

Anthurium veitchii atau disebut sebagai king anthurium ini masuk dalam kategori tanaman hias yang harganya bakal selangit. Jenis Anthurium asal Kolombia ini masih berkerabat dekat dengan tanaman hias populer seperti philodendron, keladi hias, dan alokasia.

Ciri daunnya lonjong menjuntai serta lebar dengan guratan tulang daun yang cukup menonjol membuat tanaman ini terlihat kekar. Tanaman hias satu ini banyak diburu lantaran keunikan daunnya yang besar dan panjangnya bisa nyaris mencapai tinggi manusia dewasa. 

Di sejumlah marketplace, harga bibit Anthurium veitchii dijual sekitar lebih dari Rp1 juta, sedangkan yang Anthurium veitchiiking indukan dibanderol Rp25-35 juta.

5. Anthurium Warocqueanum
Anthurium warocqueanum, umumnya dikenal sebagai ratu anthurium, adalah spesies tanaman dalam genus Anthurium. Berasal dari Kolombia, ia tumbuh di daerah beriklim sedang sebagai rumah kaca atau tanaman hias karena dedaunan hiasnya yang panjang

Tanaman dengan sebutan lain lidah gajah atau queen anthurium ini juga berdaun besar, seperti veitchii, namun guratannya sama sekali berbeda.

Daun pada tanaman ini tebal bak karton dan memiliki bilah daun yang bertekstur bak beludru warna hijau tua.

Anthurium warocqueanum dijual sekitar Rp1 juta untuk baby version-nya, bahkan di lapak marketplace dibanderol Rp2,5 juta untuk bibitnya.

Sementara Anthurium warocqueanum berukuran besar mencapai puluhan juta rupiah.

6. Rhaphidophora Tetrasperma
Rhaphidophora tetrasperma adalah spesies tanaman dalam famili Araceae, genus Rhaphidophora. Ini asli ke Thailand Selatan dan ke Malaysia. Aroid ini sering keliru untuk spesies dan keluarga lain, sebagaimana dibuktikan oleh beberapa nama umum di atas yang digunakan oleh pembibitan tanaman dan pengecer

Banyak yang salah mengira bahwa tanaman dengan bentuk yang mirip dengan monstera deliciosa namun berukuran mini ini sebagai philodendron minima.

Namun nyatanya, Rhaphidophora tetrasperma bukanlah spesies monstera atau philodendron, meski masih dalam famili Araceae.

Raphidopora tetrasperma merupakan tanaman rambat eksotis yang berasal dari wilayah Thailand Selatan dan Malaysia.

Daunnya berwarna hijau tua mengilap, berbentuk menyerupai hati, dan langka ini menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias yang harganya selangit, yakni sekitar Rp400 ribuan hingga Rp1,4 juta.

7. Philodendron Pink Princess
Tanaman Hias Pink Princess. (Dok. Istimewa)

Munculnya warna pink pada daun disebabkan mutasi genetik (variegata). Tingkat kemahalan ditentukan dari kombinasi warna daun dalam satu pot.

Di sejumlah marketplace bibit jenis philo ini dihargai jutaan rupiah sedangkan untuk philo rimbun harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Philo pink princess termasuk tanaman hias langka yang tentu berharga mahal.

Warna pada daun jenis philo ini terdiri dari dua warna yaitu hijau gelap dan merah muda atau pink.

8. Philodendron Billietiae
Tanaman Hias Philodendron Billietiae yang bibitnya dihargai jutaan rupiah. (Dok. Istime

Philo jenis ini bisa dikatakan sultan karena harganya yang mahal. Bibitnya saja dihargai jutaan rupiah sementara philo billietiae dewasa yang rimbun dijual seharga puluhan juta.

Jenis philodendron ini viral akibat aksi barter rumah dengan tanaman hias. Mahalnya philo kerap dikaitkan dengan jenis dan warna daun.

Philo billietiae milik Hidmat Syamsudin warga Garut yang menukar rumahnya membeli philo tersebut seharga Rp65 juta, sementara harga tertinggi pada marketplace mencapai Rp90 juta.

9. King Monstera Variegata Thai Constellation
A large white Variegated Monstera Deliciosa Tanaman hias King Monstera Variegata Thai Constellation (Foto: iStockphoto/Crystal Bolin Photography)

Monster Thai Constellation salah satu tanaman hias yang ditukar rumah oleh Hidmat Syamsudin. Jenis monstera termasuk yang banyak diminati dan diburu penyuka tanaman hias.

Monstera Variegata Thai Constellation memiliki bentuk daun lebar yang membelah secara alami dengan perpaduan warna putih dan hijau. Semakin dewasa dan rimbun maka semakin mahal pula harganya.

Banyaknya permintaan, lambatnya pertumbuhan tampaknya hal tersebut yang menjadikan harga monstera dewasa rimbun naik selangit.

Bibit monstera di marketplace dihargai jutaan rupiah sementara monstera remaja atau ukuran sedang dihargai belasan juta dan monstera dewasa rimbun mencapai puluhan juta rupiah.

Demikian tanaman hias yang harganya bakal selangit. Namun, masih banyak alternatif tanaman hias lain yang harganya lebih terjangkau jika Anda ingin mulai menyalurkan hobi koleksi tanaman hias. @Redaksi

Sumber : cnnindonesia.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed